√ Faktor Yang Mendorong Tingginya Kebutuhan Pasar Anak
Jika ditotal, uang yang dibelanjakan setiap tahun untuk kebutuhan anak jumlahnya mencapai triliun rupiah. Fenomena ini menggambarkan potensi pembelian yang sangat besar dari segmen pasar anak sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pemasar
Assael dalam Miftahuddin (2005) mengemukakan bahwa tolong-menolong daya tarik utama dari pasar anak ini bukan sekadar daya belinya, namun sebab anak telah menjadi influencer yang sangat berpengaruh dalam konsumsi keluarga.
Semakin besarnya tugas anak dalam keputusan konsumsi keluarga berdasarkan Assael didorong oleh beberapa faktor, yakni
1) semakin banyaknya ibu yang bekerja diluar rumah,
Baca Juga
3) banyaknya rumah tangga yang dual earning.
Peningkatan tugas relatif anak yang cukup signifikan dalam keputusan konsumsi keluarga merupakan mata rantai tak terpisahkan dari proses sosialisasi konsumen (consumer socialization) terhadap anak dalam keluarga
Daftar pustaka
Assael, Henry (1998), Consumer Behavior and Marketing Action, International Thomson Publishing, Cincinati, Ohio, USA
Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Daftar Profil Anak Indonesia tahun 2012, Jakarta.
Miftahuddin, Agung (2005) Pengaruh Parental Style dan penghasilan orang bau tanah terhadap keterlibatan anak dalam pembelian keluarga, Thesis.
Wilkes, Robert E. (1997), “Adolescent-parent interaction in family decision making,” Journal of Consumer Research, Vol. 24: 159-169
Belum ada Komentar untuk "√ Faktor Yang Mendorong Tingginya Kebutuhan Pasar Anak"
Posting Komentar