√ Faktor Yang Mendorong Tingginya Kebutuhan Pasar Anak

Jika ditotal, uang yang dibelanjakan setiap tahun untuk kebutuhan anak jumlahnya mencapai triliun rupiah. Fenomena ini menggambarkan potensi pembelian yang sangat besar dari segmen pasar anak sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pemasar

Assael dalam Miftahuddin (2005) mengemukakan bahwa tolong-menolong daya tarik utama dari pasar anak ini bukan sekadar daya belinya, namun sebab anak telah menjadi influencer yang sangat berpengaruh dalam konsumsi keluarga.

Semakin besarnya tugas anak dalam keputusan konsumsi keluarga berdasarkan Assael didorong oleh beberapa faktor, yakni

1) semakin banyaknya ibu yang bekerja diluar rumah,

Baca Juga

2) besarnya proporsi orang bau tanah single parent, dan
3) banyaknya rumah tangga yang dual earning.

Peningkatan tugas relatif anak yang cukup signifikan dalam keputusan konsumsi keluarga merupakan mata rantai tak terpisahkan dari proses sosialisasi konsumen (consumer socialization) terhadap anak dalam keluarga

Daftar pustaka

Assael, Henry (1998), Consumer Behavior and Marketing Action, International Thomson Publishing, Cincinati, Ohio, USA

Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Daftar Profil Anak Indonesia tahun 2012, Jakarta. 

Miftahuddin, Agung (2005) Pengaruh Parental Style dan penghasilan orang bau tanah terhadap keterlibatan anak dalam pembelian keluarga, Thesis.

Wilkes, Robert E. (1997), “Adolescent-parent interaction in family decision making,” Journal of Consumer Research, Vol. 24: 159-169

Artikel Terkait

Belum ada Komentar untuk "√ Faktor Yang Mendorong Tingginya Kebutuhan Pasar Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel