√ Evaluasi Menurut Portofolio Siswa
Portofolio merupakan evaluasi berkelanjutan yang didasarkan pada kumpulan info yang bersifat reflektif-integratif yang menawarkan perkembangan kemampuan siswa dalam satu periode tertentu. Tujuannya ialah sebagai (sebagian) materi guru mendeskripsikan capaian pengetahuan di simpulan semester, portofolio sanggup berupa sampel pekerjaan siswa terbaik yang diperoleh dari penugasan dan tes tertulis.
Berdasarkan buku pedoman evaluasi kurikulum 2013, ada beberapa tipe portofolio antara lain portofolio dokumentasi, portofolio proses, dan portofolio pameran. Guru sanggup menentukan tipe portofolio yang sesuai dengan tujuannya.
Untuk SMP, tipe portofolio yang utama untuk evaluasi pengetahuan ialah portofolio pameran, yaitu merupakan kumpulan sampel pekerjaan terbaik dari KD pada KI-3, terutama pekerjaan-pekerjaan dari tugas-tugas dan ulangan harian tertulis yang diberikan kepada siswa.
Dalam menyusun evaluasi portofolio siswa harus memperhatikan beberapa ketentuan diantaranya :
1) Pekerjaan orisinil siswa;
Tujuannya untuk menghindarkan siswa dari aktivitas plagiat, atau mengakui hasil karya orang lain sebagai hasil karyanya sendiri.
2) Pekerjaan yang dimasukkan dalam portofolio disepakati oleh siswa dan guru;
Gunanya untuk memberi rasa percaya diri dan kepercayaan yang mendalam terhadap hasil pekerjaannya. Membangkitkan motivasi dan semangat berguru alasannya hasil karyanya dihargai oleh guru dan rekan-rekannya dan yang paling penting ialah penentuan karya terbaik dilakukan secara bersama, dalam hal ini siswa merasa dihargai oleh guru. Tentunya akan berdampak pada kepuasan sehingga sanggup meningkatkan prestasi berguru siswa.
3) Guru menjaga kerahasiaan portofolio;
4) Guru dan siswa mempunyai rasa mempunyai terhadap dokumen portofolio;
5) Pekerjaan yang dikumpulkan sesuai dengan KD.
Setiap pembelajaran KD dari KI-3 berakhir, pekerjaan terbaik dari KD tersebut (bila ada) dimasukkan ke dalam portofolio.
Belum ada Komentar untuk "√ Evaluasi Menurut Portofolio Siswa"
Posting Komentar