√ Berguru Lebih Cerdas Bukan Berguru Lebih Keras




RPL BIMBINGAN DAN KONSELING

1.       Materi / Topik Bahasan                      :  “Belajar lebih cerdas bukan berguru lebih keras”
2.       Bidang Bimbingan                              :  Belajar
3.       Fungsi Layanan                                  :
4.       Sasaran Layanan / semester            : Kelas VIII / I
5.       Tempat penyelenggaraan : Kelas
6.       Waktu Penyelenggaraan   : 40’
7.       Pihak-pihak yang dilibatkan              :
8.       Metode                                                  : Diskusi kelompok
9.       Tujuan Layanan                                  : Peserta didik  mampu membedakan antara berguru lebih
keras   dengan berguru lebih cerdas
10.    Uraian acara / Skenario                :
a.       Kegiatan pendahuluan              :
·         Konselor mengucapkan salam dan  menanyakan kabar
·         Konselor  mengajak penerima didik untuk berdoa sebelum memulai kegiatan
·         Konselor  mengecek kehadiran penerima didik
·         Konselor  menjelaskan tujuan layanan berguru yang akan disampaikan ialah biar penerima didik sanggup membedakan antara berguru yang lebih cerdas dengan berguru lebih keras
·         Konselor  menjelaskan ihwal kiprah yang  akan dilakukan oleh penerima didik
·         Konselor membentuk kelompok  dan meminta penerima didik untuk berada dalam kelompok
b.       Kegiatan inti
1)       Berfikir   : Konselor  memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengetahui  respon-respon penerima didik terhadap layanan tersebut, ialah :
“apa yang kalian pikirkan ihwal belajar?
“ berdasarkan kalian apakah ada perbedaan antara berguru lebih cerdas dengan berguru lebih keras?”

2)       Merasa : Konselor  mengungkap perasaan penerima didik ihwal belajar, ialah :
“Kapan ketika yang menyenangkan, dan kapan ketika yang paling tidak menyenangkan dalam belajar?”
“Kesulitan apa yang dialami ketika belajar?”

3)       Bersikap :  Konselor meminta penerima didik mengungkapkan bagaimana perilaku berguru yang baik dan benar.
“ Mengapa kalian mengalami kesulitan dalam belajar?”
“Bagaimana perilaku berguru yang baik menurutmu?”

4)       Berbuat : Konselor menanyakan apa yang akan dilakukan penerima didik biar dapat  belajar lebih cerdas
“apa yang  dilakukan untuk mengatasi kesulitan tersebut?”
“Langkah-langkah apa yang  akan dilakukan untuk berguru yang lebih cerdas?”

5)       Bertanggungjawab :  konselor  menanyakan kesepakatan penerima didik terhadap apa yang akan dilakukannya
“ Kapan langkah-langkah tersebut akan dilakukan?”

C. Kegiatan epilog :
- Konselor  mengingatkan  dan menunjukkan penguatan pada penerima didik bahwa mereka sanggup melaksanakan berguru yang lebih cerdas.
- Konselor mengakhiri acara dengan doa lalu mengingatkan pertemuan berikutnya dengan pembahasan materi lain yang lebih menyenangkan.

11.    Sumber/bahan dan alat :  kertas dan alat tulis
12.    Rencana Penilaian             :
Laiseg  :  penilaian segera bagi penerima didik yang terlihat belum memahami
Laipen : mengevaluasi sejauh mana penerima didik telah melaksanakan kesepakatan yang telah dibuat



Mengetahui,                                                                                                         Kasembon,      Juli  2019
Kepala ....................                                                                                              Konselor,



.................................                                                                                               ___________________
NIP. -                                                                                                                      NIP        








































                                                           RPL BIMBINGAN DAN KONSELING
1.       Materi / Topik Bahasan                              :  “MENGHAFAL CEPAT”
2.       Bidang Bimbingan                                      :  Belajar
3.       Fungsi Layanan                                          : Pengembangan
4.       Sasaran Layanan / semester                    : Kelas VIII / I
5.       Tempat penyelenggaraan                         : Kelas
6.       Waktu Penyelenggaraan                           : 40’
7.       Pihak-pihak yang dilibatkan      :
8.       Metode                                                          : Dinamika kelompok
9.       Tujuan Layanan                                          : Peserta didik dapat  menerapkan metode
 menghafal  cepat

10.    Uraian acara / Skenario        :
c.        Kegiatan pendahuluan              :
·         Konselor mengucapkan salam dan  menanyakan kabar
·         Konselor  mengajak penerima didik untuk berdoa sebelum memulai kegiatan
·         Konselor  mengecek kehadiran penerima didik
·         Konselor  menjelaskan tujuan layanan berguru yang akan disampaikan ialah biar penerima didik sanggup menerapkan metode menghafal cepat
·         Konselor  menjelaskan ihwal kiprah yang  akan dilakukan oleh penerima didik
d.       Kegiatan inti
6)       Berfikir   : Konselor  memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengetahui  respon-respon penerima didik terhadap layanan tersebut, ialah :
“apa yang kalian ketahui ihwal metode menghafal cepat?

7)       Merasa : Konselor  mengungkap perasaan penerima didik tentang  menghafal, ialah :
“Apa yang dirasakan ketika menghafal?”

8)       Bersikap :  Konselor meminta penerima didik mengungkapkan bagaimana cara mereka menghafal
“ Mengapa kalian mengalami kesulitan dalam menghafal?”
“Metoda apa/ bagaimana yang dilakukan ketika menghafal ?”

9)       Berbuat : Konselor menanyakan apa yang akan dilakukan penerima didik biar dapat  belajar lebih cerdas
“apa yang akan dilakukan untuk mengatasi kesulitan tersebut?”
“Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk sanggup menghafal  dengan cepat?”

10)   Bertanggungjawab :  konselor  menanyakan kesepakatan penerima didik terhadap apa yang akan dilakukannya
“ Kapan metoda tersebut akan diterapkan ?”



C. Kegiatan epilog :
- Konselor  mengingatkan  dan menunjukkan penguatan pada penerima didik bahwa mereka sanggup melaksanakan metode yang lebih cepat.
- Konselor mengakhiri acara dengan doa lalu mengingatkan pertemuan berikutnya dengan pembahasan materi lain yang lebih menyenangkan.

11.    Sumber/bahan dan alat :  peralatan yang ada di ruangan
12.    Rencana Penilaian     :
Laiseg  :  penilaian segera bagi penerima didik yang terlihat belum memahami
Laipen : mengevaluasi hasil dari metoda yang telah diterapkan



Mengetahui,                                                                                                         Kasembon,      Juli  2019
Kepala ....................                                                                                              Konselor,



........................................                                                                                        ___________________
NIP. -                                                                                                                      NIP        

Belum ada Komentar untuk "√ Berguru Lebih Cerdas Bukan Berguru Lebih Keras"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel