√ Berguru Lebih Cerdas Bukan Berguru Lebih Keras
1. Materi / Topik Bahasan : “Belajar lebih cerdas bukan berguru lebih keras”
2. Bidang Bimbingan : Belajar
3. Fungsi Layanan :
4. Sasaran Layanan / semester : Kelas VIII / I
5. Tempat penyelenggaraan : Kelas
6. Waktu Penyelenggaraan : 40’
7. Pihak-pihak yang dilibatkan :
8. Metode : Diskusi kelompok
9. Tujuan Layanan : Peserta didik mampu membedakan antara berguru lebih
keras dengan berguru lebih cerdas
10. Uraian acara / Skenario :
a. Kegiatan pendahuluan :
· Konselor mengucapkan salam dan menanyakan kabar
· Konselor mengajak penerima didik untuk berdoa sebelum memulai kegiatan
· Konselor mengecek kehadiran penerima didik
· Konselor menjelaskan tujuan layanan berguru yang akan disampaikan ialah biar penerima didik sanggup membedakan antara berguru yang lebih cerdas dengan berguru lebih keras
· Konselor menjelaskan ihwal kiprah yang akan dilakukan oleh penerima didik
· Konselor membentuk kelompok dan meminta penerima didik untuk berada dalam kelompok
b. Kegiatan inti
1) Berfikir : Konselor memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengetahui respon-respon penerima didik terhadap layanan tersebut, ialah :
“apa yang kalian pikirkan ihwal belajar?
“ berdasarkan kalian apakah ada perbedaan antara berguru lebih cerdas dengan berguru lebih keras?”
2) Merasa : Konselor mengungkap perasaan penerima didik ihwal belajar, ialah :
“Kapan ketika yang menyenangkan, dan kapan ketika yang paling tidak menyenangkan dalam belajar?”
“Kesulitan apa yang dialami ketika belajar?”
3) Bersikap : Konselor meminta penerima didik mengungkapkan bagaimana perilaku berguru yang baik dan benar.
“ Mengapa kalian mengalami kesulitan dalam belajar?”
“Bagaimana perilaku berguru yang baik menurutmu?”
4) Berbuat : Konselor menanyakan apa yang akan dilakukan penerima didik biar dapat belajar lebih cerdas
“apa yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan tersebut?”
“Langkah-langkah apa yang akan dilakukan untuk berguru yang lebih cerdas?”
5) Bertanggungjawab : konselor menanyakan kesepakatan penerima didik terhadap apa yang akan dilakukannya
“ Kapan langkah-langkah tersebut akan dilakukan?”
C. Kegiatan epilog :
- Konselor mengingatkan dan menunjukkan penguatan pada penerima didik bahwa mereka sanggup melaksanakan berguru yang lebih cerdas.
- Konselor mengakhiri acara dengan doa lalu mengingatkan pertemuan berikutnya dengan pembahasan materi lain yang lebih menyenangkan.
11. Sumber/bahan dan alat : kertas dan alat tulis
12. Rencana Penilaian :
Laiseg : penilaian segera bagi penerima didik yang terlihat belum memahami
Laipen : mengevaluasi sejauh mana penerima didik telah melaksanakan kesepakatan yang telah dibuat
Mengetahui, Kasembon, Juli 2019
Kepala .................... Konselor,
................................. ___________________
NIP. - NIP
RPL BIMBINGAN DAN KONSELING
1. Materi / Topik Bahasan : “MENGHAFAL CEPAT”
2. Bidang Bimbingan : Belajar
3. Fungsi Layanan : Pengembangan
4. Sasaran Layanan / semester : Kelas VIII / I
5. Tempat penyelenggaraan : Kelas
6. Waktu Penyelenggaraan : 40’
7. Pihak-pihak yang dilibatkan :
8. Metode : Dinamika kelompok
9. Tujuan Layanan : Peserta didik dapat menerapkan metode
menghafal cepat
10. Uraian acara / Skenario :
c. Kegiatan pendahuluan :
· Konselor mengucapkan salam dan menanyakan kabar
· Konselor mengajak penerima didik untuk berdoa sebelum memulai kegiatan
· Konselor mengecek kehadiran penerima didik
· Konselor menjelaskan tujuan layanan berguru yang akan disampaikan ialah biar penerima didik sanggup menerapkan metode menghafal cepat
· Konselor menjelaskan ihwal kiprah yang akan dilakukan oleh penerima didik
d. Kegiatan inti
6) Berfikir : Konselor memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengetahui respon-respon penerima didik terhadap layanan tersebut, ialah :
“apa yang kalian ketahui ihwal metode menghafal cepat?
7) Merasa : Konselor mengungkap perasaan penerima didik tentang menghafal, ialah :
“Apa yang dirasakan ketika menghafal?”
8) Bersikap : Konselor meminta penerima didik mengungkapkan bagaimana cara mereka menghafal
“ Mengapa kalian mengalami kesulitan dalam menghafal?”
“Metoda apa/ bagaimana yang dilakukan ketika menghafal ?”
9) Berbuat : Konselor menanyakan apa yang akan dilakukan penerima didik biar dapat belajar lebih cerdas
“apa yang akan dilakukan untuk mengatasi kesulitan tersebut?”
“Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk sanggup menghafal dengan cepat?”
10) Bertanggungjawab : konselor menanyakan kesepakatan penerima didik terhadap apa yang akan dilakukannya
“ Kapan metoda tersebut akan diterapkan ?”
C. Kegiatan epilog :
- Konselor mengingatkan dan menunjukkan penguatan pada penerima didik bahwa mereka sanggup melaksanakan metode yang lebih cepat.
- Konselor mengakhiri acara dengan doa lalu mengingatkan pertemuan berikutnya dengan pembahasan materi lain yang lebih menyenangkan.
11. Sumber/bahan dan alat : peralatan yang ada di ruangan
12. Rencana Penilaian :
Laiseg : penilaian segera bagi penerima didik yang terlihat belum memahami
Laipen : mengevaluasi hasil dari metoda yang telah diterapkan
Mengetahui, Kasembon, Juli 2019
Kepala .................... Konselor,
........................................ ___________________
NIP. - NIP
Belum ada Komentar untuk "√ Berguru Lebih Cerdas Bukan Berguru Lebih Keras"
Posting Komentar