√ Cara Mengetahui Siswa Yang Mempunyai Kepandaian Dalam Pendidikan

Apakah dengan hanya mengukur nilai matematika, seorang siswa sudah sanggup diketahui tingkat kepandaian atau kecerdasannya? Atau hanya dengan melihat kita sudah bisa membedakan siswa tersebut berkepandaian? Para jago setuju bahwa kepandaian tidak sanggup disaksikan dari luar, kepandaian tidak sanggup mengukurnya hanya dengan berpatokan pada nilai-nilai tertentu saja.

Untuk mengetahui kepandaian siswa, guru biasanya menguji dengan menunjukkan soal-soal. Apabila soal yang diberikan sanggup diselesaikan maka siswa tersebut mempunyai kepandaian. Untuk lebih mendekatkan kita pada bagaimana siswa yang mempunyai kepandaian, David Lazear mengemukakan ada 7 (tujuh) indikator atau aspek yang bisa dijadikan petunjuk wacana tinggi rendahnya kepandaian seseorang.
1. Kemampuan verbal
2. kemampuan mengamati dan rasa ruang
3. kemampuan gerak kinetis-fisik
4. kemampuan logika/matematika
5. kemampuan dalam hubungan intra-personal
6. kemampuan dalam hubungan inter-personal
7. kemampuan dalam musik/irama

Mengingat ke tujuh aspek tersebut di atas sangat penting bagi guru untuk mengidentifikasi kepandaian atau kecerdasan siswa maka ke tujuh aspek di atas perlu diketahui pula indikatornya. Adapun indikator masing-masing ke tujuh aspek tersebut antara lain:

1. Kemampuan verbal, meliputi:
  • analisis linguistik
  • mengenal kembali dan mengingat
  • memahami dan membuat kelucuan atau humor
  • menjelaskan sesuatu dalam proses belajar-mengajar
  • meyakinkan seseorang semoga bersedia melaksanakan sesuatu
  • memahami perinta dengan tepat
2. kemampuan mengamati dan rasa ruang, meliputi:
  • khayalan
  • menyusun kerangka pikir
  • menemukan jalan dalam konsep ruang
  • memanipulasi imajinasi
  • mengiterpretasikan grafik/bagan/model
  • mengenal hubungan objek dalam ruang
  • memiliki persepsi yang cermat melalui aneka macam sudut pandang
3. kemampuan gerak kinetik-fisik, meliputi:
  • mengatur/mengelola gerak refleks
  • mengatur/mengelola gerak terencana
  • memperluas kesadaran melalui tubuh
  • peduli hubungan antarbagian tubuh
  • meningkatkan fungsi tubuh
4. kemampuan logika/matematika, meliputi:
  • pengenalan pola-pola abstraksi
  • pertimbangan induktif
  • pertimbangan deduktif
  • cerdas dalam menangkap hubungan dan kaitan
  • menyelesaikan kalkulasi kompleks
  • pertimbangan ilmiah
5. kemampuan dalam hubungan intra-personal meliputi:
  • konsentrasi dalam berpikir
  • keberhati-hatian
  • melakukan meta kognisi
  • kesadaran dan ekspresi aneka macam perasaan
  • kesadaran atas dirinya
  • tingkat pemikiran-penalaran
6. kemampuan dalam hubungan inter-personal, meliputi:
  • menciptakan dan mengelola sinergi
  • daya melampaui perspektif orang lain
  • bekerja sama dalam kelompok
  • mengenal dan membuat sesuatu yang berbeda dengan lainnya
  • komunikasi mulut dan non verbal.
7. kemampuan dalam musik/irama, meliputi:
  • struktur musik
  • skematis dalam mendengarkan musik
  • sensitif terhadap suara
  • kreatif dalam melodi dan irama
  • sensitif dalam nada
Setelah kita mengenal ciri-ciri siswa yang berkepandaian dan indikator masing-masing aspek maka kita juga harus mengetahui wacana macam-macam tingkatan intelegensi atau kepandaian. 
  1. 1% luar biasa, IQ antara 30 hingga 70
  2. 5% dungu, IQ antara 70 hingga 80
  3. 14% bodoh, IQ antara 80 hingga 90
  4. 60% normal, IQ antara 90 hingga 110
  5. 14% pandai, IQ antara 110 hingga 120
  6. 5% sangat pandai, IQ antara 120 hingga 130
  7. 1% jenius, IQ lebih dari 130
Untuk yang 1% luar biasa, terbagi atas tiga:
  • Idiot yang mempunyai IQ antara 0 hingga 25
  • Imbesil yang mempunyai IQ antara 26  sampai 50
  • Debil mempunyai IQ antara 51 hingga 70
Alat yang dipakai untuk mengetahui tingkat intelegensi siswa atau anak sanggup memakai tes intelegensi, tes ini sudah banyak beredar, anda sanggup menemukannya di internet. Kevalidannya sanggup dijamin alasannya ialah merupakan rancangan dari para ahli. Tes intelegensi yang paling populer dan paling banyak dipakai ialah Binet-Simon. Selain tes ini, tes lainnya menyerupai SPM, tintum dan sebagainya.

Belum ada Komentar untuk "√ Cara Mengetahui Siswa Yang Mempunyai Kepandaian Dalam Pendidikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel