√ Karakteristik Evaluasi Dalam Kurikulum 2013

Kurikulum 2013 merupakan penyempurnaan dari semua kurikulum yang pernah diterapkan, kurikulum 2013 dilaksanakan untuk menjawab tantangan global yang semakin kompleks, persaingan yang semakin ketat dan tentunya membutuhkan kesiapan dari semua unsur termasuk menyiapkan generasi muda sehingga bisa mengatakan jati dirinya sebagai generasi yang mempunyai kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Untuk menjamin keberhasilan pendidikan maka proses pembelajaran dalam kurikulum 2013 menitikberatkan pada perubahan pola pikir (mindset) dari “diberi tahu” menjadi “mencari tahu”. Diharapkan dalam proses pencariannya, siswa sanggup melaksanakan proses memahami, menanya, menganalisis, mengasimilasi dan lain-lain. 

Perubahan itu besar lengan berkuasa pada sistem penilaian, sehingga lahirlah lima karakteristik evaluasi dalam kurikulum 2013 yang wajib dikuasai oleh guru dalam melaksanakan evaluasi terhadap anak didiknya. Kelima karakteristik evaluasi dimaksud adalah.


1. Belajar Tuntas
Ketuntasan Belajar merupakan capaian minimal dari kompetensi setiap muatan pelajaran yang harus dikuasai akseptor didik dalam kurun waktu berguru tertentu. Ketuntasan aspek sikap (KI-1 dan KI-2) ditunjukkan dengan sikap baik akseptor didik. Jika sikap akseptor didik belum mengatakan kriteria baik maka dilakukan dukungan umpan balik dan pelatihan sikap secara pribadi dan terus-menerus sehingga akseptor didik mengatakan sikap baik. Ketuntasan berguru aspek pengetahuan (KI-3) dan keterampilan (KI-4) ditentukan oleh satuan pendidikan. Peserta didik yang belum mencapai ketuntasan berguru diberi kesempatan untuk perbaikan (remedial teaching), dan akseptor didik tidak diperkenankan melanjutkan pembelajaran kompetensi selanjutnya sebelum kompetensi tersebut tuntas. Kriteria ketuntasan dijadikan contoh oleh pendidik untuk mengetahui kompetensi yang sudah atau belum dikuasai akseptor didik. Melalui cara tersebut, pendidik mengetahui sedini mungkin kesulitan akseptor didik sehingga pencapaian kompetensi yang kurang optimal sanggup segera diperbaiki.

Baca Juga

2. Otentik
Penilaian dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi secara holistik. Aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan dinilai secara bersamaan sesuai dengan kondisi nyata. Penilaian dilaksanakan untuk mengetahui pencapaian kompetensi akseptor didik yang dikaitkan dengan situasi kasatmata bukan dunia sekolah. Oleh sebab itu, dalam melaksanakan evaluasi dipakai banyak sekali bentuk dan teknik penilaian. Penilaian otentik tidak hanya mengukur apa yang diketahui oleh akseptor didik, tetapi lebih menekankan mengukur apa yang sanggup dilakukan oleh akseptor didik.

3. Berkesinambungan
Penilaian berkesinambungan dimaksudkan sebagai evaluasi yang dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan selama pembelajaran berlangsung. Tujuannya ialah untuk mendapat citra yang utuh mengenai perkembangan hasil berguru akseptor didik, memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil terus menerus dengan memakai banyak sekali bentuk penilaian. 

4. Menggunakan bentuk dan teknik evaluasi yang bervariasi
Penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan memakai banyak sekali teknik evaluasi yang sesuai dengan karakteristik kompetensi yang akan diukur atau dinilai. Berbagai metode atau teknik evaluasi sanggup digunakan, ibarat tes tertulis, tes lisan, penugasan, evaluasi kinerja (praktik dan produk), evaluasi proyek, portofolio, dan pengamatan atau observasi.

5. Berdasarkan contoh kriteria
Penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan memakai contoh kriteria. Kemampuan akseptor didik tidak dibandingkan terhadap kelompoknya, tetapi dibandingkan terhadap ketuntasan yang ditetapkan. Kriteria ketuntasan ditetapkan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan dengan mempertimbangkan karekteristik akseptor didik, karakteristik mata pelajaran, dan kondisi satuan pendidikan (Buku Pedoman Penilaian Kur 13 SD)

Artikel Terkait

Belum ada Komentar untuk "√ Karakteristik Evaluasi Dalam Kurikulum 2013"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel