√ Indikator Keberhasilan Kurikulum 2013
Pelaksanaan kurikulum 2013 perlu dievaluasi guna mengetahui tingkat keberhasilannya. Evaluasi dilaksanakan pada semua unsur yang terlibat dalam pengembangan dan pelaksanaan kurikulum. Semua permasalahan yang menjadi faktor penghambat harus diidentifikasi dengan cermat dan sempurna untuk lalu dilakukan analisis dalam menemukan solusi yang sempurna tanpa merubah sistem yang sudah berjalan.
Untuk itu diharapkan instrumen dan indikator dengan tujuan memudahkan proses pengukuran. Pengukuran dititikberatkan pada data-data yang bersifat kuantitatif dan data kualitatif. Berikut instrumen dan indikator guna mengukur keberhasilan kurikulum 2013.
1. Pengawas Sekolah :
Semakin bisa melakukan supervisi dan bimbingan kepada sekolah terkait pelaksanaan kurikulum
2. Kepala Sekolah
Makin memahami administrasi implementasi kurikulum yang meliputi:
- Perencanaan
- Pelaksanaan
- Evaluasi diri sekolah
- Budaya sekolah
3. Guru semakin:
Memahami:
- proses pembelajaran dan penilaiannya.
- buku dan materi/alat latih bermutu serta penggunaannya
- permasalahan yang harus diantisipasi dalam pelaksanaan kurikulum dan penanggulangannya
Terampil:
- melaksanaan penilaian formatif dan sumatif, termasuk pencatatan dan pelaporan lewat rapor
- mengelola Interaksi dengan siswa dan komunikasi dengan orangtuamenyusun planning pembelajaran
- mengelola pembelajaran.
4. Pemangku Kepentingan
Di komunitas lingkungan sekolah (terutama keluarga/orangtua) semakin memperlihatkan santunan dan donasi secara lebih efektif kepada sekolah
Belum ada Komentar untuk "√ Indikator Keberhasilan Kurikulum 2013"
Posting Komentar