√ Inilah Prinsip Utama Pembelajaran Dengan Kurikulum 2013

Setelah hampir karam dan tak terdengar informasinya tanggapan penundaan pelaksanaannya, sekarang persiapan menuju terlaksananya kurikulum 2013 kembali di dengungkan. Pemerintah telah merencanakan pembinaan bagi pelatih nasional, pelatih propinsi, pelatih kabupaten/kota dan sekolah sasaran, mengingat surat edaran mendikbud ihwal pelaksanaan kurikulum 2013 menargetkan pada tahun 2019, semua sekolah sudah menerapkan kurikulum 2013.

Beberapa perbaikan sudah dilaksanakan oleh pemerintah, berikut beberapa perbaikan yang telah dilakukan oleh pemerintah terkait kurikulum 2013.
Permasalahan
  • Ketidakselarasan antara KI-KD dengan silabus, pedoman mata pelajaran, dan buku. 
  • Kompleksitas pembelajaran dan evaluasi pada Sikap Spiritual dan Sikap Sosial. 
  • Pembatasan kemampuan siswa melalui pemenggalan sebaran taksonomi antar jenjang
Perbaikan
  • Penyelarasan antara KI-KD dengan silabus, dan buku. 
  • Penataan Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial pada mata pelajaran selain Pendidikan Agama-Budi Pekerti dan Mata Pelajaran PPKn, pembelajaran dan evaluasi hasil belajar 
  • Penataan kompetensi yang tidak dibatasi oleh pemenggalan taksonomi menurut jenjang pendidikan. 
  • Perbaikan kurikulum menurut pada prinsip; gampang dipelajari, gampang diajarkan, terukur, dan bermakna untuk dipelajari.


Sedangkan beberapa buku sumber berguru kurikulum 2013 yang mempunyai banyak kelemahan, juga sudah diperbaiki. Beberapa perbaikan sebagaimana disebutkan berikut:

  • Konsekuensi perubahan Kurikulum 2013 yakni perubahan urutan penyajian materi dalam buku. 
  • Buku usang tetap sanggup dipergunakan sebagai sumber berguru dengan melaksanakan adaptasi urutan penyajian materi pembelajaran. 
  • Peningkatan aspek akuntabilitas dan responsibilitas diupayakan melalui pencantuman nama, alamat kontak, dan akun fb dari penerbit, penulis, konsultan, reviewer, penilai, editor serta ilustrator buku sesuai permendikbud 

Baca Juga


Agar gampang dipahami, maka terlebih dahulu yang harus diketahui yakni bagaimana prinsip utama kurikulum 2013. Berikut prinsip utama kurikulum 2013

  • Dari diberi tahu menuju mencari tahu; 
  • Dari guru sebagai sumber berguru utama menjadi berbasis aneka sumber belajar; 
  • Dari tekstual menuju penguatan penggunaan pendekatan ilmiah; 
  • Dari pembelajaran berbasis konten menuju pembelajaran berbasis kompetensi; 
  • Dari pembelajaran parsial menuju pembelajaran holistik/terpadu; 
  • Dari pembelajaran menekankan jawaban tunggal menuju pembelajaran dengan jawaban yang kebenarannya multi-dimensi; 
  • Dari pembelajaran verbalisme menuju keterampilan aplikatif; 
  • Peningkatan dan keseimbangan antara keterampilan fisikal (hardskills) dan keterampilan mental (softskills); 
  • Pembelajaran yang mengutamakan pembudayaan dan pemberdayaan siswa sebagai pembelajar sepanjang hayat. 
  • Pembelajaran yang menerapkan nilai-nilai dengan memberi keteladanan (ing ngarso sung tulodo), membangun kemauan (ing madyo mangun karso), dan membuatkan kreativitas akseptor didik dalam proses pembelajaran (tut wuri handayani); 
  • Pembelajaran yang berlangsung di rumah, di sekolah, dan di masyarakat; 
  • Pembelajaran yang menerapkan prinsip bahwa siapa saja yakni guru, siapa saja yakni siswa, dan di mana saja yakni kelas. 
  • Pemanfaatan teknologi warta dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran; dan 
  • Pengakuan atas perbedaan individual dan latar belakang budaya siswa. 


Artikel Terkait

Belum ada Komentar untuk "√ Inilah Prinsip Utama Pembelajaran Dengan Kurikulum 2013"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel