√ Jumlah Proporsi Masing-Masing Bab Dalam Menyusun Anjuran Ptk
Dalam menyusun PTK, peneliti (guru) harus memperhatikan kaidah penulisan. Penulisan PTK tidak disarankan memperbanyak bab latar belakang, melebihi bab metodologi, kerangka konsep atau teori. Metodologi merupakan bab terpenting dari sebuah PTK, alasannya pada bab ini proses penelitian, langkah-langkah pelaksanaan penelitian, hingga dengan hasil penelitian dijabarkan dengan terang menurut instrumen dan variabel penelitian tetapi tetap memperhatikan faktor keterhubungannya dengan konsep atau teori yang dijabarkan pada bab kerangka konsep atau teori sebelumnya.
Sementara kerangka konsep atau teori dimaksudkan sebagai dasar pelaksanaan penelitian sehingga tidak berulang maksudnya penelitian yang dilakukan harus menjadi kelanjutan dari teori-teori yang dilakukan oleh peneliti-peneliti sebelumnya.
Adapun proporsi penelitian tindakan kelas sebagai berikut:
1. Judul
Judul harus merefleksi dua hal: topik dan konsep yang akan diteliti dalam PTK yang akan dilakukan.
2. Latar belakang
Proporsi untuk bab latar belakang yaitu 15% dari keseluruhan isi proposal. Berisi perihal klasifikasi rumusan masalah.
3. Tujuan
Berisi perihal tujuan yang diperlukan atau menjadi dasar pelaksanaan PTK
4. Kerangka konsep/teori
Proporsi bab ini yaitu 40% dari keseluruhan isi proposal. Berisi perihal teori-teori terdahulu yang berkaitan dengan bahan penelitian tindakan kelas (PTK)
5. Metodologi
Proporsi bab ini yaitu 45% dari keseluruhan isi proposal. Berisi klasifikasi pelaksanaan penelitian yang direncanakan. Bagaimana memperlakukan instrument dan variabel, data-data baik kualitatif maupun data kuantitatif hasil pengamatan awal peneliti.
Belum ada Komentar untuk "√ Jumlah Proporsi Masing-Masing Bab Dalam Menyusun Anjuran Ptk"
Posting Komentar