√ 3 Aspek Yang Menjadi Perhatian Guru Melaksanakan Ptk
Agar PTK menghasilkan solusi yang sempurna atas permasalahan yang dihadapi, proses penyusunan PTK harus memperhatikan beberapa aspek. Sedikitnya ada tiga aspek yang menjadi fokus perhatian guru selama melaksanakan PTK. Ketiganya yaitu aspek metode, kompetensi guru dan siswa.
a. Metode berguru yang dipakai pada satuan pendidikan,
Metode berguru merupakan cara guru melaksanakan pendekatan kepada siswa atau sanggup pula dijelaskan sebagai gaya yang dilakukan oleh guru mengelola kelas berguru selama proses pembelajaran. Metode menjadi faktor penentu keberhasilan pembelajaran, contohnya metode pembelajaran kooperative learning. Bagaimana mendorong siswa untuk menuntaskan tugas-tugas atau proses pembelajaran secara kolaboratif atau kerjasama dalam kelompok. Metode pembelajaran harus diubahsuaikan dengan materi yang diajarkan, respon siswa, dan kesiapan media pembelajaran. Kalau tidak tersedia media yang menunjang pembelajaran, guru harus merancang media inovatif guna meningkatkan motivasi berguru siswa.
b. Kemampuan artikulasi guru dalam menjabarkan konsep-konsep melalui metode berguru yang digunakan.
Tujuan pembelajaran yaitu supaya siswa menjadi “tahu sesuatu”. Untuk mengetahui sesuatu maka siswa harus bisa memahami konsep-konsep wacana sesuatu itu. Kemampuan siswa melaksanakan analisis terhadap sesuatu membutuhkan tunjangan dari guru. Dengan demikian guru harus selalu meningkatkan kompetensinya supaya bisa menguraikan dan menjabarkan konsep-konsep menjadi lebih sederhana dan gampang dipahami oleh siswa. Sumber berguru dan materi bimbing harus lebih variatif, menantang dan menyenangkan, sehingga siswa terdorong untuk terus belajar.
c. respons siswa terhadap metode berguru yang diterapkan oleh guru dalam acara berguru mengajar
Metode pembelajaran yang sempurna sanggup meningkatkan motivasi berguru siswa, sebaliknya metode pembelajaran yang membingungkan atau bersifat ambigu bagi siswa sanggup menurunkan motivasi belajarnya. Kesalahan menerapkan metode pembelajaran berdampak pada keberhasilan pembelajaran.
Berikutnya, guru harus manguasai metode pembelajaran, jangan menerapkan metode yang gres dikenalnya. Pembelajaran bukan sesuatu yang dicoba-coba alasannya akan besar lengan berkuasa secara psikologis bagi siswa. Oleh alasannya itu sebelum menerapkan metode yang diinginkan atau metode yang diyakini menjadi solusi, maka guru wajib menguasai metode pembelajaran tersebut sebelum diterapkan kepada siswa.
Belum ada Komentar untuk "√ 3 Aspek Yang Menjadi Perhatian Guru Melaksanakan Ptk"
Posting Komentar