√ Dengan Cara Ini Anda Sanggup Dengan Gampang Menemukan Problem Untuk Ptk

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan penelitian yang bersifat kualitatif, penelitian ini sebaiknya dilaksanakan oleh guru, artinya guru bertindak sebagai peneliti. Namun coba dilihat, ada berapa guru yang bisa melaksanakan PTK? Sangat sedikit. Bukan alasannya yaitu tidak bisa melaksanakan penelitian tetapi akhir sulitnya menemukan problem yang harus diteliti.

Menemukan problem yang diteliti bukanlah perkara mudah, butuh ketelitian, kejujuran dan ketelatenan membaca perkembangan siswa. Dari hasil analisis tersebut akan terungkap problem yang perlu diteliti. Kendala yang sering dihadapi oleh guru yaitu kebanyakan guru tidak menguasai aspek problem yang diteliti alasannya yaitu kurangnya data dan warta yang dibutuhkan.

Kesulitan itu sebetulnya dengan gampang sanggup diatasi, guru dipersenjatai dengan silabus dan rpp, didalam silabus dan rpp terdapat indikator yang harus dicapai biar Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar tercapai pula. Untuk mengetahui ketercapaian SK dan KD dibutukan penilaian atas hasil yang diperoleh oleh siswa.

Berdasarkan hasil penilaian inilah, guru sebetulnya sanggup menemukan problem yang sanggup dijadikan dasar untuk melaksanakan PTK.  Bila hasil penilaian menunjukkan bahwa keinginan atau sasaran pencapaian tidak sesuai dengan kenyataan maka ada problem yang perlu diteliti (PTK), sebaliknya jikalau sasaran pencapaian sesuai dengan kenyataan maka tidak dibutuhkan PTK. Cukup mudah, guru hanya melihat kesenjangan yang terjadi, apakah keinginan sesuai dengan kenyataan atau tidak.

Misalnya, anda sebagai guru menyelidiki catatan siswa, ternyata sebagian besar siswa tidak mempunyai catatan yang lengkap sesuai dengan keinginan anda. Maka lalu anda meminta siswa untuk melengkapi catatannya dan akan kembali diperiksa pada ahad depannya. Ketika anda kembali menyelidiki catatan siswa jadinya belum juga sesuai dengan keinginan anda. Berarti ada problem yang perlu diteliti (PTK-kan), tujuannya untuk mengetahui problem dan hambatan apa yang dihadapi oleh siswa dan bagaimana solusi yang di tempuh oleh guru untuk mengatasi kurang lengkapnya catatan siswa pada mata pelajaran anda.


Dengan melaksanakan perbandingan atas hasil penilaian ihwal catatan siswa ini saja, kita sudah bisa melaksanakan PTK. Ini sanggup kita lakukan pada hal-hal lain yang bekerjasama dengan proses pembelajaran di kelas anda. Tentunya masih ada cara-cara lain yang bisa kita tempuh untuk bisa menemukan problem sebagai dasar dalam melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Belum ada Komentar untuk "√ Dengan Cara Ini Anda Sanggup Dengan Gampang Menemukan Problem Untuk Ptk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel