√ Kriteria Evaluasi Proses Dan Hasil Mencar Ilmu Siswa Dalam Pembelajaran
Untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembelajaran atau tingkat ketuntasan pembelajaran perlu dilakukan tindakan penilaian. Mengukur evaluasi proses dan hasil berguru siswa memakai alat penilaian. Alat evaluasi sanggup memakai tes maupun non tes. Guna memperoleh hasil yang akurat dan valid maka perlu memperhatikan beberapa kritaria diantaranya kesesuaian dengan kompetensi dasar, hasil belajar, dan indikator; kesesuaiannya dengan tujuan dan fungsi penilaian, unsur-unsur penting dalam penilaian, aspek-aspek yang dinilai, kesesuaiannya dengan tingkat perkembangan penerima didik, jenis dan alat penilaian.
1. Kesesuaian dengan kompetensi dasar, hasil berguru dan indikator
Kompetensi dasar merupakan hal yang harus dicapai oleh siswa, dibutuhkan hasil berguru siswa akan terjadi perubahan huruf dan mental siswa sesuai dengan kompetensi dasar. Untuk itu dalam merumuskan indikator perlu dibentuk semata-mata guna mencapai kompetensi dasar.
2. Kesesuaian dengan tujuan dan fungsi penilaian
Dalam melakukan penilaian, terlebih dahulu memilih tujuan dilaksanakannya penilaian. Tujuan itu akan mengarahkan proses pelaksanaannya semoga lebih fokus pada aspek yang akan dinilai.
3. Kesesuaian dengan unsur penilaian
Sebelum melakukan penilaian, unsur-unsur yang menunjang proses evaluasi harus diperhatikan semoga menghasilkan data dan isu yang akurat, valid dan obyektif.
4. Kesesuaian dengan aspek-aspek yang dinilai
Data ibarat apa yang ingin anda peroleh? Aspek-aspek evaluasi akan menjawab kebutuhan tujuan dilaksanakannya penilaian. Olehnya itu, aspek yang akan dinilai harus dipertegas sehingga sanggup diperoleh data yang diharapkan.
5. Kesesuaian dengan tingkat perkembangan penerima didik
Perkembangan penerima didik merupakan salah satu faktor penting penentu keberhasilan pembelajaran alasannya berkaitan dekat dengan kompetensi yang dimiliki. Olehnya itu dalam menyusun alat atau instrumen evaluasi baik tes maupun non-tes, tingkat perkembangan penerima didik menjadi salah satu yang harus dipertimbangkan.
6. Kesesuaian dengan jenis dan alat penilaian
Mengukur proses dan hasil berguru siswa tergantung alat dan jenis evaluasi yang dipakai baik tes maupun non-tes.
Belum ada Komentar untuk "√ Kriteria Evaluasi Proses Dan Hasil Mencar Ilmu Siswa Dalam Pembelajaran"
Posting Komentar