√ Faktor-Faktor Yang Menghipnotis Pelaksanaan Fungsi Manajerial Kepala Sekolah
Kepala sekolah sebagai seorang manajer di sekolah kemampuannya dalam melakukan fungsi manajerial sangat dipengaruhi oleh banyak faktor, baik yang berasal dari dalam diri (internal factor) maupun yang berasal dari luar diri (external factor). Kemampuan kepala sekolah dalam mengidentifikasi dan meminimalisir faktor-faktor mayoritas yang mempengaruhinya akan mendorong optimalisasi pelaksanaan fungsi manajerial.
Terry (1991:25) menyatakan bahwa “faktor lingkungan kuat terhadap fungsi-fungsi manajerial”. Faktor lingkungan sanggup dibagi menjadi komponen intern dan komponen ekstern. Komponen intern meliputi mencakup kondisi-kondisi kerja pada umumnya yang dilakukan oleh unsur-unsur luar ke dalam sebuah unit kerja, sedangkan faktor ekstern sanggup dibagi menjadi (1) sosial (2) pemerintahan (3) ekonomi (4) teknologi. Untuk mengatasi imbas lingkungan tersebut maka manajer yang sukses sanggup memenghindari kesalahan dengan menciptakan perkiraan bahwa seluruh anggota kelompok kerja mempunyai nilai-nilai yang mendekati nilai yang dipegang oleh manajer tersebut.
Elsbree (Burhanuddin, 1994) mengungkapkan keberhasilan kepemimpinan sangat bergantung pada faktor-faktor sebagai berikut:
- Karakteristik kelompok yang dipimpin; kepala sekolah hendaknya terampil dalam menggerakkan kelompok yang dipimpinnya.
- Tujuan-tujuan kelompok; kepala sekolah harus bisa menyesuaikan tujuan ke dalam tujuan-tujuan kelompok.
- Pengetahuan yang dimiliki kelompok; keberhasilan anggota-anggota kelompok dalam melakukan tugas-tugas yang digariskan sangat ditentukan oleh tingkat pengetahuan yang dimiliki terutama mengenai bidang tugasnya.
- Moral kelompok; diartikan sebagai suatu disposisi (tabiat) anggota kelompok organisasi yang menunjukkan tingkah laris menyokong tujuan-tujuan organisasi.
Belum ada Komentar untuk "√ Faktor-Faktor Yang Menghipnotis Pelaksanaan Fungsi Manajerial Kepala Sekolah"
Posting Komentar