√ Elemen-Elemen Sikap Loyal Pelanggan

Elemen-elemen sikap loyal pelanggan sanggup diukur dalam bentuk :

1. Jumlah rupiah atau volume produk atau jasa yang dipesan (dibeli)  selama periode waktu tertentu;

2. Customer lifeture, atau rata-rata lamanya waktu atau Number  of brands  purchase (jumlah  merek   yang dibeli), yakni tingkat persentase  pelanggan dari  suatu produk untuk  hanya  membeli satu merek, dua merek, tiga merek, dan seterusnya, diukur dalam bulanan atau tahunan, periode waktu yakni rata-rata lamanya pelanggan melaksanakan perjuangan dengan perusahaan;

3. Customer share yakni sejauh mana seorang pelanggan mememenuhi setiap kebutuhannya atas jenis produk dan jasa yang beliau inginkan dari berbisnis dengan perusahaan; atau

4. Repurchase rates (tingkat pembelian ulang), yakni tingkat persentase pelanggan yang membeli merek yang sama dengan produk tersebut. 

Baca Juga

Pelanggan yang loyal umumnya akan melanjutkan pembelian merek tersebut walaupun dihadapkan pada banyak alternative merek produk pesaing yang memperlihatkan karakteristik jasa yang lebih unggul dipandang dari aneka macam sudut atributnya. Bila banyak pelanggan dari suatu merek masuk dalam kategori ini berarti merek tersebut mempunyai merk equity yang kuat.

Daftar pustaka

Seyhmus Baloglu, 2002, Dimention of customer loyalty, Cernell University, Refereed article.

Vikas Mittal and Wagner .A. Kamakura, 2001,  “Repurchase Intent, and Repurchase Behavior: Investigating The Moderating Effect Of Customer Characteristics”, Journal Of Marketing Research, Vol. XXXVIII (February: 131-142).

Vikas Mittal, Pankaj Kumar, & Michael Tsiros, 1999, “Attribute-Level Performance, Satisfaction, and Behavioral Intentions over Time: A Consumeption-System Approach”, Journal of Marketing, Vol. 63 (April 1999), 88-101.

Widji Astuti, 2002, Pengaruh Pengembangan Nilai Pelanggan Melalui Multiguna Produk, Relasional dan Citra Usaha Terhadap Aktivitas Menabung Pada Bank Umum (Di Wilayah Kerja Bank Indonesia Malang), Disertasi, Pasca Sarjana Universitas Airlangga Surabaya.

Yi-Ting Yu and Alison Dean, 2001, “The contribution of emotional satisfaction to customer loyalty”, International journal of service industry Management

Artikel Terkait

Belum ada Komentar untuk "√ Elemen-Elemen Sikap Loyal Pelanggan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel