√ Langkah-Langkah Menjalankan Aplikasi Ard Versi 2.0 Semester 2 Tahun 2019 Lengkap Dengan Gambar



1. Login Aplikasi
Langkah-langkah Login Aplikasi ARD :
1) Masukan username dan password user sebagai Proktor Madrasah.
2) Kemudian klik tombol Login atau tekan Enter.

2. Halaman Awal User Madrasah
Setelah user madrasah berhasil login tampilan pertama kali ialah menu
dashboard pada hidangan ini terdapat grafik jumlah guru, jumlah siswa, jumlah
ekstrakulikuler, dan jumlah rombongan belajar, selain tampilan grafik pada
menu dashboard terdapat tampilan pengumuman seputra aplikasi, dan
tampilan urutan penggunaan aplikasi, berikut tampilan halaman menu
dashboard sebagai berikut.
 

3. Tampilan halaman dashboard:
1. Berikut ini merupakan tampilan menu-menu pada aplikasi raport digital
2. Kemudian berikut ini ialah grafik jumlah guru, jumlah siswa, jumlah
ekstrakulikuler, dan jumlah rombongan belajar.
3. Selanjutnya pada bab bawah grafik ialah tampilan pengumuman
seputar aplikasi raport digital
4. Bagian paling bawah merupakan tampilan langkah-langkah penggunaan
aplikasi raport digital.

4. Konfigurasi Aplikasi
Langkah pertama yang dilakukan oleh admin madrasah ialah melakukan
konfigurasi terlebih dahulu, hidangan konfigurasi ini berfungsi untuk
menampilkan tahun raport, nama semester, nama tempat dan tanggal cetak
raport sesuai konfigurasi yang dipilih. Berikut tampilan halaman menu
dibawah ini
 

5. Tampilan halaman dashboard:
1. Klik hidangan konfigurasi
2. Kemudian pilih sub hidangan konfigurasi tahun
3. Selanjutnya pilih tahun ajaran, untuk di tampilkan di raport tersebut
4. Klik tombol atur untuk menyimpan konfigurasi yang dipilih
Langkah-langkah tersebut berlaku untuk mengatur konfigurasi hidangan semester

6.  Sinkron dan Kirim Data
Langkah selanjutnya pertama kali yang dilakukan oleh user proktor
madrasah ialah melaksanakan sinkron data, mulai dari sinkron pengumuman,
data master mata pelajaran, data master mata pelajaran agama, dan sinkron
data KKM mata pelajaran. Menu siknron ini berfungsi untuk mengambil data
dari server sentra ke VDI proktor madrasah
kemudian untuk kirim data berfungsi untuk mengirimkan data dari VDI
proktor madrasah ke sever pusat, hidangan kirim data ini di lakukan jika
pelaksanan cetak raport digital sudah selesai, menyerupai kirim data guru, data
siswa, data laporan siswa, data madrasah dan kirim data nilai siswa. Berikut
tampilan halaman hidangan dibawah ini
 

7. Langkah-langkah Sinkron dan Kirim Data:
1. Klik hidangan Sinkron Data.
2. Berikut ini ialah urutan hidangan yang pertama kali di sinkronkan terlebih
dahulu, sinkronkan data sesuai urutan dari atas.
3. Kemudian untuk kirim data di lakukan kalau proses cetak rapor sudah
berhasil di lakukan, silahkan kirim data sesuai urutan.
4. Kemudian kalau ada update aplikasi silahkan klik tombol update, sesuai
pengumuman yang tertera.

8. Input Mata Pelajaran
Langkah selanjutnya yang dilakukan oleh user proktor madrasah adalah
menginput data mata pelajaran, fungsi dari sinkron data master mata
pelajaran ini ialah mengambil instruksi mata pelajaran yang di ambil dari pusat,
jika tidak ada mata pelajaran tertentu di madrasah tersebut silahkan untuk
menghubungi kanwil dan silahkan klik tombol sinkron data master mata
pelajaran di hidangan sinkron data. Silahkan input mata pelajaran sesuai jumlah
mata pelajaran yang di ajarkan di madrasah tersebut. Berikut tampilan
halaman hidangan dibawah ini.
 

9. Langkah-langkah Menampilkan dan Input Mata Pelajaran :
1. Klik hidangan Mata Pelajaran, lalu akan tampil hidangan mata pelajaran,
karena tampilan masih gres maka data mata pelajaran masih kosong.
2. Klik tombol tambah gres untuk menambahkan data mata pelajaran
baru, maka akan tampil halaman form input sebagai berikut

3. Pilih instruksi dan nama mata pelajaran yang akan di inputkan
4. Kemudian pilih tingkatan / kelas dari mata pelajaran tersebut
5. Selanjutnya pilih nama peminatan / jurusan kelas
6. Pilih kelompok mata pelajaran tersebut sesuai dengan hukum dari pusat
7. Klik tombol simpan untuk menambahkan mata pelajaran tersebut
Berikut ialah tampilan kalau mata pelajaran sudah di inputkan.
 


10. Input Muatan Lokal
Langkah selanjutnya user proktor ialah menginputkan muatan lokal
sesuai dengan tempat madrasah masing-masing, denga jumlah muatan local
yang di pelajari di madrasah tersebut. Berikut tampilan halaman hidangan muatan
lokal sebagai berikut.
 

11. Langkah-langkah Menampilkan dan Input Mata Pelajaran :
1. Klik hidangan Muatan Lokal, lalu akan tampil data muatan lokal, karena
tampilan masih gres maka data muatan lokal masih kosong.
2. Klik tombol tambah manual untuk menambahkan data
muatan lokal baru, maka akan tampil halaman form input sebagai
berikut.

3. Pilih nama tingkatan / kelas
4. Pilih nama peminatan / jurusan
5. Kemudian isi nama muatan local yang akan ditambahkan
6. Klik simpan untuk menyimpan data muatan lokal yang akan
ditambahkan

12. Input Data Guru
Langkah selanjutnya yang dilakukan oleh proktor madrasah ialah input
data guru sesuai data guru mengajar, kelas dan jurusan. Berikut tampilan
halaman hidangan di bawah ini.
 

13. Langkah-langkah Menampilkan dan Input Data Guru :
1. Klik hidangan Guru, lalu akan tampil data guru, alasannya ialah tampilan masih
baru maka data guru masih kosong.
2. Untuk menambahkan data guru gres terdapat dua cara, yang pertama
adalah dengan memakai format excel yang sudah di sediakan. Klik
tombol tambah excel maka akan tampil halaman berikut

3. Download terlebih dahulu format excel yang sudah di sediakan seperti
tampilan berikut, silahkan isi dengan sesuai dan benar

4. Langkah selanjutnya upload kembali format excel tersebut dengan form
yang sudah diisi data guru yang akan ditambahkan.
5. Kemudian klik tombol import untuk mengupload ke aplikasi.
6. Selanjutnya cara yang kedua menginput data guru ialah dengan
menambahkan manual atau satu-satu, klik tombol tambah manual
maka akan tampil halaman form input sebagai berikut
 

7. Isi nama guru yang akan ditambahkan
8. Kemudian pilih jenis kelamin
9. Pilih agama
10.Isi alamat
11.Selanjutnya isi NIP dan NUPTK, NUPTK juga berfungsi sebagai username
login ke aplikasi sebagai user guru.
12.Kemudian isi kata sandi dan konfirmasi kata sandi
13.Untuk menambahkan photo guru klik tombol browse
14.Klik simpan untuk menyimpan data guru yang ditambahkan

14.Input Data Rombonga Belajar / Kelas
Langkah selanjutnya yang dilakukan oleh user proktor madrasah adalah
meginput data rombongan mencar ilmu / kelas di madrasah tersebut. Sesuai nama
jurusan dan wali kelas, berikut tampilan halaman hidangan di bawah ini.
 

15. Langkah-langkah Menampilkan dan Input Data Rombongan Belajar :
1. Klik hidangan Rombongan Belajar, lalu akan tampil data Rombongan
Belajar, alasannya ialah tampilan masih gres maka data Rombongan Belajar masih
kosong.
2. Untuk menambahkan data rombongan mencar ilmu gres klik tombol tambah
manual, maka akan tampil halaman form input sebagai berikut.
 

3. Pilih tingkatan/kelas
4. Kemudian pilih peminatan / jurusan
5. Pilih nama rombongan
6. Selanjutnya pilih nama wali kelas, yang diambil dari data guru
7. Klik simpan untuk menyimpan data rombel yang akan ditambahkan

16. Atur Mengajar Guru
Tahapan selanjutnya yang dilakukan oleh proktor madrasah adalah
mengatur data guru mengajar mata pelajaran, tahapan ini berfungsi kalau user
sudah menginputkan data guru dan data rombongan belajar. Data guru bisa
mengajar lebih dari satu mata pelajaran, berikut tampilan halaman hidangan di
bawah ini.
 

17. Langkah-langkah Atur Mengajar :
1. Klik hidangan guru, lalu akan tampil data guru yang sudah diinputkan.
2. Pada tabel agresi terdapat tiga tombol tombol lihat profile berfungsi untuk
menampilkan detail profil guru, dan tombol hapus berfungsi untuk
menghapus data guru tersebut
3. Kemudian untuk mengatur mengajar guru tersebut, klik tombol atur
mengajar maka akan tampil halaman sebagai berikut.
 

4. klik tombol tambah mengajar, selanjutnya akan tampil halaman form
sebagai berikut
 

5. Pilih nama mata pelajaran yang akan ditambahkan
6. Kemudian pilih kelas mengajar sanggup lebih Satu
7. Klik simpan untuk menyimpan data mengajar yang akan ditambahkan

18. Input Data Siswa
Tahapan selanjutnya yang dilakukan oleh admin proktor madrasah ialah
menginputkan data siswa sesuai kelas dan jurusan siswa tersebut. Berikut
tampilan halaman hidangan siswa sebagai berikut.
 

19. Langkah-langkah Menampilkan dan Input Data Siswa :
1. Klik hidangan Siwa, lalu akan tampil data siswa, alasannya ialah tampilan masih
baru maka data siswa masih kosong.
2. Untuk menambahkan data siswa gres terdapat dua cara, yang pertama
adalah dengan memakai format excel yang sudah di sediakan. Klik
tombol tambah excel maka akan tampil halaman berikut.
 

3. Download terlebih dahulu format excel yang sudah di sediakan seperti
tampilan berikut, silahkan isi dengan sesuai dan benar.
 

4. Langkah selanjutnya upload kembali format excel tersebut dengan form
yang sudah diisi data siswa yang akan ditambahkan.
5. Kemudian klik tombol import untuk mengupload ke aplikasi,
6. Selanjutnya cara yang kedua menginput data siswa ialah dengan
menambahkan manual atau satu-satu, klik tombol tambah manual
maka akan tampil halaman form input sebagai berikut.
 

7. Isi form data identitas siswa
8. Kemudian isi form alamat
9. Isi form orangtua
10.Isi form wali
11.Selanjutnya upload photo siswa
12.Klik simpan untuk menyimpan data siswa yang akan ditambahkan.

20. Mengatur Rombel Siswa
Tahap selanjutnya yang dilakukan oleh admin proktor madrasah adalah
mengatur rombongan mencar ilmu siswa, atau mengatur kelas siswa, pada hidangan ini
admin proktor sanggup mengatur rombel / kelas dari hidangan data siswa atau dari
menu rombongan belajar. Tahapan ini tidak akan berfungsi kalau admin belum
input data rombongan mencar ilmu dan input data siswa. Berikut tampilan halaman
menu dibawah ini.


21. Langkah-langkah Rombongan Belajar / Kelas :
1. Klik hidangan siswa, lalu akan tampil data siswa yang sudah diinputkan.
2. Pada tabel agresi terdapat tiga tombol tombol lihat profile berfungsi untuk
menampilkan detail profil siswa, dan tombol hapus berfungsi untuk
menghapus data siswa tersebut
3. Kemudian untuk mengatur rombel siswa tersebut, klik tombol atur
rombel maka akan tampil halaman sebagai berikut.


4. Pilih kelas yang akan di tempatkan oleh siswa tersebut.
5. Kemudian klik simpan untuk menyimpan atur rombel siswa.

22. Input Ekstrakulikuler
Tahapan selanjutnya yang dilakukan oleh admin proktor madrasah
adalah menginput acara ekstrakulikuler sesuai madrasah masing masing.
Berikut tampilan halaman hidangan sebagai berikut.


23. Langkah-langkah Menampilkan dan Input Ekstrakulikulir :
1. Klik hidangan Ektrakulikuler, lalu akan tampil data ektrakulikuler,
karena tampilan masih gres maka data tersebut masih kosong.
2. Klik tombol tambah gres untuk menambahkan data ektrakulikuler baru,
maka akan tampil halaman form input sebagai berikut.


3. Isi nama acara ektrakulikuler yang akan ditambahkan
4. Kemudian pilih nama pembimbing ektrakulikuler tersebut, data
pembimbing tersebut di ambil dari data guru
5. Klik tombol simpan untuk menyimpan data yang akan ditambahkan.

Untuk lebih Jelas dan lengkapnya silahkan Download fail panduan ARD Versi 2.0 untuk semester 2 KLIK UNDUH dalam bentuk PDF


Belum ada Komentar untuk "√ Langkah-Langkah Menjalankan Aplikasi Ard Versi 2.0 Semester 2 Tahun 2019 Lengkap Dengan Gambar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel