√ Kapan Rpp Sanggup Dikatakan Berhasil?

Rencana pembelajaran yang disusun oleh guru dalam RPP tidak sanggup menjadi aturan mutlak yang harus ditegakkan selama pelaksanaan pembelajaran. Selalu saja terdapat faktor penghambat yang bisa besar lengan berkuasa terhadap keberhasilan pembelajaran.

Adapun faktor penghambat keberhasilan pembelajaran di kelas antara lain, abjad penerima didik, model, metode, administrasi kelas, media, dan materi ajar. Guru harus bisa mengidentifikasi semua faktor tersebut untuk sanggup merumuskan solusi yang bisa diterapkan didalam kelas yang diampuh.

RPP harus bisa dilaksanakan lantaran RPP menjadi pedoman guru selama pembelajaran. Namun lantaran RPP yaitu sebuah rencana maka alhasil tidak selamanya maksimal. Olehnya itu, guru perlu mengetahui pada ketika kapan RPP sanggup dikatakan berhasil.

Berhasil tidaknya sebuah RPP sanggup ditentukan melalui penilaian baik terhadap siswa maupun terhadap guru. Adapun ciri-ciri RPP dikatakan berhasil apabila :

  1. Indikator dalam RPP tercapai
  2. Terjadi perubahan pada siswa sesuai yang diharapkan
  3. Guru bisa mengelola kelas selama pembelajaran
  4. Siswa antusias mengikuti pembelajaran lantaran baik model maupun metode yang diterapkan menarik minat mencar ilmu penerima didik
  5. Guru sanggup mengintegrasikan media yang digunakan
  6. Alokasi waktu sanggup dimanfaatkan dengan baik dan tepat

Yang perlu diperhatikan yaitu RPP tidak selamanya berhasil di semua kelas yang diampuh oleh guru, kenyataan yang selama ini terjadi yaitu guru menyusun RPP dalam sekali pertemuan diberlakukan kepada semua kelas sehingga alhasil bervariasi, disinilah guru biasanya eksklusif menyimpulkan bahwa kelas-kelas yang tidak tuntas disebabkan oleh kurangnya kemampuan penerima didik mendapatkan materi yang diberikan tanpa mempertimbangkan faktor penghambat di atas.

Berdasarkan pengalaman yang pernah saya dapatkan bahwa apabila ketuntasan dalam satu kelas tidak mencapai 75% maka kegagalan bukan pada siswa tetapi guru. Guru harus merubah model dan metode yang digunakan, artinya RPP harus direvisi kembali. Tentunya terlebih dahulu dilakukan penelitian untuk menemukan permasalahan dan solusinya sebagai dasar pelaksanaan pembelajaran berikutnya dikelas tersebut.



Belum ada Komentar untuk "√ Kapan Rpp Sanggup Dikatakan Berhasil?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel