√ Juknis Penulisan Rpp Tahun Pelajaran 2019/2020 Berdasarkan Sk Dirjen Pendis Nomor 5164 Tahun 2019




Petunjuk teknis ini disusun sebagai panduan bagi pendidik dan satuan pendidikan dalam menyusun recana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan melakukan proses pembelajaran biar berjalan secara efektif dan efisien.

Prinsip Penyusunan RPP
memuat Kompetensi Dasar perilaku spiritual (KD dari KI-1), sosial (KD dari KI-2), pengetahuan (KD dari KI-3), dan keterampilan (KD dari KI-4);
• Satu RPP sanggup dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih;
• sederhana,
• tumbuhnya kreativitas guru dan penerima didik,
• memuat pokok-pokok yang diharapkan dalam pembelajaran yang memungkinkan guru menyebarkan kreativitas
• perbedaan individu atau keberagaman kondisi belajar
• berpusat pada penerima didik atau cenderung memuat pokok-pokok acara penerima didik yang diharapkan sanggup berjalan dalam pembelajaran.


PEMBELAJARAN KOMPETENSI ABAD 21

Dasar: 5 Pilar Pendidikan (UNESKO dan KEMENAG)
a. IMTAQ ( KEMENAG), b. Learning to know, c Learning to do
d. Learning to be, d. Learning to life together peace
Pembelajaran merupakan suatu proses pengembangan potensi dan pembangunan abjad setiap penerima didik sebagai hasil dari sinergi antara pendidikan yang berlangsung di madrasah, keluarga dan masyarakat. Oleh alasannya yaitu itu pembelajaran merupakan proses interaksi anta rpeserta didik, antara penerima didik dengan tenaga pendidik dan sumber mencar ilmu pada suatu lingkungan belajar.
1. PPK (religious, nasionalis, mandiri, bahu-membahu dan integritas)
2. 4.C ( critical thinking, creativity, collaboration, communication)
3. Literasi ( dasar, perpustakaan, teknologi, media dan visual)
4. HOTS (High Order Thinking Skill)


LANGKAH-LANGKAH PENYUSUNAN RPP

1. Menganalisis silabus meliputi: (1) KI dan KD; (2) bahan pembelajaran; (3) proses pembelajaran; (4) evaluasi pembelajaran; (5) alokasi waktu; dan (6) sumber belajar;
2. Merumuskan tujuan pembelajaran;
3. Merumuskan indikator pencapaian KD pada KI-1, KI-2, KI-3, dan KI-4;
4. Menentukan materi/tema, sub materi/sub tema pembelajaran, bahan esensi;
5. Menentukan metode pembelajaran yang diadaptasi dengan karakteristik materi/tema pembelajaran dan karakteristik penerima didik, serta lingkungan belajar;

Untuk Mendownload Panduan Penyusunan berdasarkan Juknis RPP dalam (SK Dirjen Pendis Nomor 5164 Tahun 2019), download disini lengkap beserta contoh-contohnya

Belum ada Komentar untuk "√ Juknis Penulisan Rpp Tahun Pelajaran 2019/2020 Berdasarkan Sk Dirjen Pendis Nomor 5164 Tahun 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel