√ Cara Menggerakkan Siswa Biar Sanggup Meningkatkan Motivasi Belajarnya
Sebagai guru harus bisa menjadi pengendali atas siswanya, tindakan ini ternyata hanya sebagian guru yang bisa melakukannya. Lihatlah berapa banyak siswa yang bermalas-malasan ketika di suruh membersihkan, berapa banyak siswa yang tidak memperhatikan pekerjaan rumah, berapa banyak siswa yang tidak suka dengan pelajaran tertentu?, berapa banyak siswa yang mangkir sekolah, berapa banyak siswa yang tidak memperhatikan pelajaran dan ada pula yang bahkan menganggap guru sebagai angin lalu? Hal ini terjadi lantaran keterbatasan guru dalam memahami dan mendalami kejiwaan siswa.
Guru bukanlah hebat psikolog namun guru dibekali dengan kemampuan mendidik siswa, menawarkan pembelajaran yang baik, serta kemampuan melaksanakan pengelolaan terhadap kelas. Sederet kemampuan itu merupakan modal dasar bagi guru untuk memilih perlakuan guru terhadap siswanya sehingga berimplikasi terhadap respon siswa terhadap guru. Perlakuan ini apabila tidak dilaksanakan dengan membangkitkan hasrat dan kemauan siswa mengikuti pembelajaran sanggup menurunkan motivasi berguru siswa. Oleh lantaran itu, guru harus bisa mengajak siswa menyamakan persepsi wacana pentingnya belajar.
Untuk memudahkan guru memimpin siswanya, berilah pencerahan wacana persamaan yang dimiliki oleh setiap manusia. Kemudian gambarkan riwayat dan latar belakang tokoh-tokoh yang telah berhasil pada bidangnya masing-masing. Ajak siswa untuk menjadikan perbedaan sebagai pelajaran, lantaran perbedaan hanya menghasilkan rasa suka dan tidak suka. Dan baiknya harus dimulai dari eksklusif guru itu sendiri.
Membuat pembelajaran semoga bermakna dan berarti, maka pemisah antara guru dan siswa harus dihilangkan, tentu sebatas pada situasi pendidikan. Dalam hal ini, ingatlah selalu persamaan yang kita miliki. Bukankah kita sama-sama mencicipi haus dan lapar? Menangis disaat murung dan tertawa disaat bahagia? Gemetar disaat ketakutan? Berkeringat dibawah terik matahari dan menggigil pada waktu kedinginan? Apakah sejumlah persamaan itu belumlah sanggup membawa kita baik guru maupun siswa memandang tujuan sebagai impian bersama?
Sebagai materi pertimbangan bahwa insan dilahirkan hidup secara berkelompok yang kita kenal dengan kehidupan sosial bermasyarakat. Persatuan dan kesatuan dalam komunitas tersebut sanggup terwujud oleh persamaan antara insan satu dengan insan lainnya. Tanpa persamaan menjadikan lahirnya kelompok-kelompok kecil, para pemimpin revolusioner menjadikan persamaan sebagai alat propaganda alasannya yaitu mereka paham bahwa hanya persamaan yang bisa menyatukan komunitas masyarakat yang termarginalkan oleh banyak sekali kepentingan.
Itulah citra besarnya, citra kecilnya yaitu komunitas siswa disekolah yang juga terdiri dari kelompok-kelompok kecil yakni kelas. Didalam kelas masih juga terdapat kelompok-kelompok yang terbangun melalui pertemanan, dan guru harus memahami kondisi ini.
Untuk menguasai siswa baik sekolah secara keseluruhan maupun dalam kelas, bentuk-bentuk persamaan yang dimiliki harus dimaksimalkan. Bangun pondasi kebersamaan dengan memanfaatkan persamaan yang dimiliki oleh semua unsur dalam sekolah. Sehingga tercipta kesatuan visi, kesatuan misi, dan kesatuan tujuan menuju pendidikan yang berkualitas dan berkarakter menyongsong kemajuan teknologi dan info masa sekarang dan dimasa yang akan datang.
Belum ada Komentar untuk "√ Cara Menggerakkan Siswa Biar Sanggup Meningkatkan Motivasi Belajarnya"
Posting Komentar