√ Guru Harus Mencar Ilmu Menjadi Peramal
Ups... jangan salah sangka dulu, meramal disini bukan dengan menggunakan kartu atau menjadi dukun dengan macam-macam mantera. Tetapi begini maksud saya, sebelum memulai pelajaran, susun perencanaan terlebih dahulu dengan melihat kondisi siswa anda. Buatlah daftar pediksi-prediksi yang nantinya akan anda jalankan, ketahuilah bahwa siswa mempunyai bermacam-macam abjad yang mustahil bisa disatukan. Kita hanya mencari persamaannya, dari persamaan abjad itulah akan muncul bentuk agresi atau tindakan selama pembelajaran.
Apa yang perlu diperhatikan?
Yang mesti diperhatikan oleh guru yakni tingkat kesulitan materi, alokasi waktu, media, kemampuan daya serap siswa, metode, model, dan sistem penilaian. Semuanya harus sesuai, contohnya bahan yang mempunyai tingkat kesulitan tinggi tidak bisa hanya menggunakan alokasi waktu satu kali pertemuan. Pada siswa yang daya serapnya rendah membutuhkan alokasi waktu beberapa kali pertemuan. Atau walaupun tingkat kesulitan bahan rendah namun tidak didukung dengan media pembelajaran maka inipun sanggup menggunakan alokasi waktu beberapa kali pertemuan pula.
Disinilah diperlukan kemampuan guru untuk meramalnya. Apakah planning pembelajaran yang telah disusun sudah sesuai dengan kondisi kelas yang dibina? Apakah bahan pelajaran yang diberikan sanggup dituntaskan selama satu semester? Apakah pembelajaran yang direncanakan sanggup meningkatkan motivasi berguru siswa? Apakah prestasi berguru siswa sanggup meningkat? Apakah semua yang direncanakan telah anda kuasai? Jika semuanya telah sesuai dan anda yakin dengan planning pembelajaran yang telah disusun, maka segeralah untuk memulainya, jangan hingga anda kehilangan waktu sedetikpun alasannya yakni akan memilih proses pembelajaran berikutnya.
Belum ada Komentar untuk "√ Guru Harus Mencar Ilmu Menjadi Peramal"
Posting Komentar