√ Kesalahan Dalam Menuntaskan Operasi Hitung Bilangan Bulat
Penyebab-penyebab terjadinya kesalahan dalam menuntaskan operasi hitung bilangan lingkaran antara lain sanggup dilihat dari uraian berikut ini :
Kesalahan Belajar
Burton dalam Dikbud (1982/1983 : 17 – 18) mengidentifikasi bahwa seorang siswa sanggup dipandang atau diduga sedang mengalami kesulitan mencar ilmu kalau yang bersangkutan menunjukkan kegagalan tertentu dalam mencapai tujuan-tujuan belajarnya. Bertitik tolak dari pendapat Burton tersebut berarti kalau siswa tidak menguasai bahan matematika yang diharapkan sebagai prasyarat untuk mempelajari pokok bahasan operasi hitung bilangan lingkaran maka siswa akan mengalami kesulitan dalam mempelajari operasi hitung bilangan bulat. Misalkan : kalau siswa tidak menguasai himpunan bilangan cacah dan orisinil maka siswa akan kesulitan dalam memilih himpunan bilangan bulat. Jika siswa tidak menguasai atau tidak bisa membedakan bilangan lingkaran nyata dan bilangan lingkaran negatif maka siswa akan kesulitan dalam mengoperasikan bilangan lingkaran dan seterusnya.
Untuk memilih apakah siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari matematika secara umum sanggup ditinjau melalui hasil mencar ilmu siswa. Hal ini sejalan dengan ungkapan Sudia (1995: 17) bahwa untuk memilih siswa yang mengalami kesulitan mencar ilmu sanggup dipakai prestasi yang diperolehnya sebagai salah satu indikator. Apabila siswa tidak atau belum mencapai kemampuan minimal yang disyaratkan maka sanggup dikatakan siswa tersebut mengalami kesulitan dalam belajar. Kaitan ungkapan di atas dengan kurikulum 1994 disebutkan bahwa seorang siswa dikatakan mencapai ketuntasan mencar ilmu secara perorangan dalam suatu pokok bahasan apabila siswa telah mencapai 65% dalam pokok bahasan itu. Dapat disimpulkan bahwa siswa yang mengalami kesulitan dalam mempelajari matematika akan memperoleh prestasi matematika rendah berarti pula siswa telah melaksanakan kesalahan-kesalahan dalam menjawab soal-soal.
Interaksi dalam Proses Belajar Mengajar
Interaksi antara guru dan siswa dalam proses mencar ilmu mengajar sanggup dijadikan ukuran keberhasilan siswa sekaligus pihak guru. Semakin baik interaksi proses mencar ilmu mengajar yang terjadi maka semakin baik pula hasil yang diperoleh. Sebaliknya kalau interaksi keduanya kurang baik maka keberhasilan keduanya sulit untuk dicapai.
Kemampuan dan Kesiapan Siswa dalam Mengikuti Pelajaran
Penyebab lain terjadinya kesulitan siswa dalam mempelajari matematika yaitu diri siswa sendiri. Hal ini sejalan dengan pendapat Hudoyo (1986: 6) bahwa kegagalan atau keberhasilan mencar ilmu tergantung kepada akseptor didik termasuk kesiapan siswa dalam mencar ilmu dan mengikuti pelajaran.
Belum ada Komentar untuk "√ Kesalahan Dalam Menuntaskan Operasi Hitung Bilangan Bulat"
Posting Komentar