√ 4 Syarat Utama Yang Wajib Ditaati Dalam Menciptakan Atau Menyusun Karya Inovatif Pembelajaran

Dunia pendidikan dikala ini dituntut untuk selalu berubah beradaptasi dengan tuntutan dan perkembangan dunia pendidikan yang semakin hari semakin kompleks. Persaingan yang begitu ketat mendorong semua elemen yang terkait dengan dunia pendidikan untuk selalu menemukan karya-karya inovatif. Kepala sekolah dan guru tidak terlepas dari tanggung jawab ini supaya sekolah sebagai daerah berprosesnya pendidikan sanggup selalu bergerak maksimal sehingga melahirkan output yang berkualitas dan bisa bersaing ditengah ketatnya persaingan dan tekanan di kurun globalisasi.

Salah satu cara yang sanggup ditempuh oleh sekolah yaitu meningkatkan kemampuan guru dan kepala sekolah untuk melaksanakan penelitian. Penelitian ditujukan untuk menemukan solusi atas permasalahan dan kendala yang dihadapi oleh sekolah (guru dan siswa), hasil yang diharapkan yaitu lahirnya karya-karya inovatif yang sanggup menunjang proses pembelajaran. 

Betapa pentingnya penelitian tersebut, maka terlebih dahulu ketahuilah 4 syarat utama dalam menyusun atau menciptakan karya inovatif. Syarat dimaksud dikenal dengan abreviasi OPIK (Orsinalitas, Perlu, Ilmiah dan Konsisten).
1. Orsinalitas
Karya inovatif yang dibentuk benar-benar merupakan karya orisinil penyusunnya, bukan merupakan plagiat, jiplakan, editan atau disusun dengan niat dan mekanisme yang tidak jujur. 
2. Perlu
Informasi yang dilaporkan atau gagasan yang dituliskan, harus sesuatu yang diharapkan dan memiliki manfaat dalam menunjang proses pembelajaran. Manfaat tersebut diutamakan untuk memperbaiki mutu pembelajaran di satuan pendidikan guru bersangkutan.
3. Ilmiah
Laporan disajikan dengan menggunakan kerangka isi dan mengandung kebenaran yang sesuai dengan kaidah-kaidah kebenaran ilmiah dan mengkuti kerangka isi yang telah ditetapkan
4. Konsisten
Isi Karya Inovasi harus sesuai dengan kiprah dan fungsi penyusunnya. Bila penulisnya seorang guru, maka isi laporan haruslah berada pada bidang kiprah guru yang bersangkutan, dan memasalahkan perihal kiprah pembelajaran yang sesuai dengan tugasnya di sekolah.

Lalu bagaimana dengan karya inovatif yang tidak memperhatikan 4 syarat di atas? 

Berikut ciri-ciri karya inovatif yang tidak sesuai dengan syarat penulisan karya inovatif:
  1. adanya bagian-bagian goresan pena yang dirubah di sana-sini, bentuk ketikan yang tidak sama, tempelan nama, terdapat petunjuk adanya lokasi dan subyek yang tidak konsisten, terdapat tanggal pembuatan yang tidak sesuai, terdapat banyak sekali data yang tidak konsisten, tidak akurat;
  2. waktu pelaksanaan acara yang kurang wajar;
  3. adanya kesamaan isi, data dan hal lain yang sangat mencolok dengan laporan orang lain
  4. tidak adanya lampiran dokumen-dokumen acara yang sanggup memperlihatkan bukti bahwa acara itu telah dilaksanakan
  5. masalah yang dikaji terlalu luas
  6. tidak pribadi bekerjasama dengan permasalahan yang berkaitan dengan upaya pengembangan profesi dari guru yang bersangkutan
  7. latar belakang dilema yang tidak terperinci sehingga tidak sanggup memperlihatkan pentingnya hal yang dibahas dan kekerabatan dilema tersebut dengan upayanya untuk berbagi profesinya
  8. kebenaran yang tidak terdukung oleh kebenaran teori, kebenaran fakta dan kebenaran analisisnya
  9. kesimpulan yang tidak/belum menjawab permasalahan yang diajukan
  10. Laporan yang disajikan tidak konsisten dengan kiprah dan fungsi penyusunnya


Belum ada Komentar untuk "√ 4 Syarat Utama Yang Wajib Ditaati Dalam Menciptakan Atau Menyusun Karya Inovatif Pembelajaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel