√ Memahami Proses Pengintegrasian Pendidikan Abjad Dalam Pembelajaran
Lahirnya gerakan pendidikan huruf termasuk dalam dunia pendidikan bersumber dari permasalahan yang dihadapi oleh bangsa dikala ini. Satuan pendidikan khususnya sekolah diwajibkan untuk membangun dan menumbuhkembangkan nilai-nilai huruf secara berjenjang. Untuk menyukseskan gerakan ini maka kurikulum pendidikan didorong lebih memprioritaskan pada penguasaan kompetensi nilai-nilai huruf dibandingkan dengan kompetensi akademik siswa.
Apa yang dikerjakan oleh guru terkait dengan gerakan pendidikan karakater? Kegiatan utama sekolah ialah acara pembelajaran, dengan demikian nilai-nilai huruf diintegrasikan ke dalam acara pembelajaran. Pengintegrasian ini maksudnya ialah memadukan, memasukkan dan menerapkan nilai-nilai yang diyakini baik dan benar dalam rangka membentuk, menyebarkan dan membina watak atau kepribadian penerima didik sesuai jati diri bangsa selama acara pembelajaran berlangsung.
Nilai-nilai huruf bangsa, antara lain (1) cinta kepada Allah dan semesta beserta isinya; (2) tanggung jawab, disiplin dan mandiri; (3) jujur; (4) hormat dan santun; (5) kasih sayang, peduli, dan kerja sama; (6) percaya diri, kreatif, kerja keras dan pantang menyerah; (7) keadilan dan kepemimpinan, baik dan rendah hati; serta (9) toleransi, cinta hening dan persatuan.
Tahapan pengintegrasian nilai-nilai huruf bangsa dalam pembelajaran sanggup dilakukan melalui tahap perencanaan, implementasi dan evaluasi. Perencanaan pembelajaran berkaitan dengan “apa dan bagaimana” pembelajaran dilaksanakan di dalam dan luar kelas. Produk dari acara ini ialah rancangan pelaksanaan pembelajaran guna mengatur aneka macam situasi dan kondisi (fisik dan non fisik) yang sanggup menyebarkan rasa kepekaan, fleksibilitas, demokratisasi, dan rasa tanggap penerima didik terhadap aneka macam kebutuhannya.
Mengimplementasikan nilai-nilai huruf dalam pembelajaran dilakukan pada semua mata pelajaran yang ada di sekolah. Prosesnya tergambar pada acara pendahuluan, acara inti dan acara penutup. Setiap acara tersebut diisi dan disertakan dengan pesan-pesan adab dari nilai-nilai huruf bangsa ke dalam bahan pokok yang sedang dibahas. Sangat dibutuhkan semoga guru memperhatikan akurasi, ketepatan dan kesesuaian antara nilai-nilai huruf dengan bahan pokok.
Untuk mengetahui keberhasilan penerima didik dalam menuntaskan tugas-tugas mencar ilmu terkait dengan pengintegrasian nilai-nilai huruf bangsa maka harus diukur melalui penilaian. Beberapa komponen yang sanggup dinilai antara lain kehadiran tatap muka, penyelesaian kiprah belajar, UTS, ujian semester dan lain sebagainya yang dirangkum dalam bentuk laporan hasil belajar.
Sesungguhnya acara pengintegrasian nilai-nilai huruf bangsa pada semua mata pelajaran merupakan realisasi terhadap amanah kurikulum pendidikan yang telah dikaji secara mendalam dan menyeluruh dengan cita-cita sanggup mengatasi segala macam duduk masalah yang dihadapi oleh bangsa ini.
Belum ada Komentar untuk "√ Memahami Proses Pengintegrasian Pendidikan Abjad Dalam Pembelajaran"
Posting Komentar