√ Kasih Buku, Minta Siswa Mencatat Hingga Selesai Pelajaran Bukanlah Metode Mengajar Yang Baik

Sehubungan dengan judul di atas, fenoma menarik yang banyak terjadi di sekolah ketika ini yakni meminta siswa mencatat dari awal pelajaran hingga dengan selesai pelajaran menurut buku sumber yang diberikan oleh guru. Inilah cara guru yang salah, sebab siswa pada prinsipnya butuh pemahaman dan pendalaman bahan bukan menyalin sesuatu untuk dipelajari.

Jika ada guru yang selalu memberi catatan kepada siswa tanpa menjelaskan semua yang dicatat oleh siswa maka kompetensi guru dimaksud perlu dipertanyakan. Catatan memang sangat diharapkan oleh siswa, namun kalau hanya berupa catatan yang diberikan akan berdampak pada tujuan pembelajaran tidak akan tercapai.

Catatan sangat penting bagi siswa, catatan merupakan rekaman yang berisi ilmu pengetahuan yang harus dikuasai oleh siswa. Catatan harus berupa poin-poin penting yang merupakan ringkasan semua bahan yang diberikan. 

Berdasarkan catatan tersebut, ringkasan bahan diuraikan dan dideskripsikan oleh guru, guru harus menjelaskan ringkasan tersebut sehingga menjadi luas. Hal ini sanggup membuka wawasan siswa secara benar dan terukur, mengarahkan teladan pikir siswa mencapai tujuan yang diharapkan. Akan berbeda kalau siswa sendiri yang menguraikannya, kemungkinan kesalahan arti dan makna sangat terbuka lebar sebagai pengaruh dari keterbatasan pengetahuan dan wawasan siswa termasuk sumber mencar ilmu yang dimiliki.
Oleh sebab itu, guru harus menghindari metode pertolongan catatan secara berlebihan atau catatan-catatan yang diberikan tidak pernah dijalaskan kepada siswa. Jangan sampai, kemalasan kita (guru) dalam menjelaskan dan menguraikan bahan yang diberikan menghancurkan masa depan anak didik kita, mereka butuh bimbingan, mereka butuh pendidikan, mereka butuh konseling dari para guru, mereka butuh ilmu pengetahuan yang dipahami dan dimengerti, sehingga mereka sangat mengharapkan sesuatu yang lebih dari para guru bukan sesuatu yang malah membingungkan apalagi mengantarkan mereka pada pemahaman dan pengertian yang salah terkait ilmu pengetahuan yang mereka peroleh selama menempuh pendidikan disekolah. 

Belum ada Komentar untuk "√ Kasih Buku, Minta Siswa Mencatat Hingga Selesai Pelajaran Bukanlah Metode Mengajar Yang Baik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel