√ Cara Menjaga Dan Meningkatkan Perhatian Siswa Terhadap Proses Pembelajaran Di Kelas Serta Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya

Keberhasilan proses mencar ilmu mengajar salah satunya tergantung pada bagaimana perhatian (attention) siswa. Ketika perhatian siswa fokus pada pelajaran maka pembelajaran akan berhasil sebaliknya apabila atensi siswa terpecah maka pembelajaran sulit berjalan sesuai dengan rencana yang telah disusun oleh guru dalam RPPnya.

Atensi atau perhatian yaitu pemrosesan secara sadar sejumlah kecil informasi dari sejumlah besar informasi yang tersedia. Informasi didapatkan dari penginderaan, ingatan maupun proses kognitif lainnya. Atensi atau perhatian yang dimiliki insan memang sangat terbatas, sehingga membutuhkan proteksi untuk mempercepat waktu reaksi. Olehnya itu, untuk merangsang perhatian siswa, guru harus mempunyai kemampuan untuk mengarahkan situasi ke situasi yang berisi informasi atau pesan yang bisa merangsang mental dan kerja otak siswa. 

Untuk meningkatkan perhatian atau atensi siswa terhadap pembelajaran sanggup kita laksanakan dengan hanya memahami faktor-faktor yang mempengaruhi atensi atau perhatian siswa. Adapun faktor-faktor dimaksud antara lain:
  1. Usia 
  2. Harapan, stimulus, dan nilai-nilai
  3. Jarak dan arah, serta gangguan dari lingkungan sekitar.
  4. Ragam sumber dan jenis pekerjaan yang dikerjakan sekaligus
  5. Jangka waktu
  6. Pekerjaan dengan siklus pendek, sedikit membutuhkan pergerakan tubuh, lingkungan yang hangat, kurangnya interaksi dengan siswa, motivasi rendah, dan daerah kerja mempunyai pencahayaan yang buruk.

Berdasarkan faktor-faktor yang besar lengan berkuasa pada perhatian siswa tersebut di atas maka sebaiknya guru harus mulai bertindak dengan melaksanakan :
  1. Memahami usia siswa, dengan memahami usia siswa, seorang guru dalam menyusun rencana pembelajarannya sudah sanggup melihat dan mempertimbangkan batasan kemampuan siswa terhadap bahan yang diberikan.
  2. Pemberian harapan, stimulus dan nilai-nilai yang menyentuh keinginan dan kebutuhan siswa
  3. Jarak dan arah siswa terhadap guru juga wajib diperhatikan, itulah sebabnya seorang guru diwajibkan untuk selalu berpindah posisi sehingga tidak ada siswa yang merasa jauh dari gurunya. Selain itu, kondisi lingkungan sekitar juga wajib diperhatikan oleh guru lantaran biasanya siswa akan gampang terpancing dengan situasi yang ada disekitarnya apalagi proses mencar ilmu mengajar tidak menyenangkan bagi siswa.
  4. Jangan membebankan siswa untuk melaksanakan sesuatu yang tidak dimampuinya, apalagi harus dikerjakan sekaligus. Sebaikan dilakukan secara sedikit demi sedikit semoga proses mencerna informasi yang diberikan sanggup dilakukan dengan baik oleh siswa sesuai mental dan kemampuannya.
  5. Gunakan waktu yang sesuai. Jangan terlalu usang membahas topik tertentu, olehnya itu butuh kemampuan guru untuk menyederhanakan topik dan jangan juga terlalu cepat lantaran masing-masing siswa mempunyai perbedaan kemampuan mencerna informasi.
  6. Bahasa badan guru wajib diperhatikan dengan baik termasuk bagaimana membuat interaksi dengan siswa yang menarik bagi siswa, dan jangan lupa mengenai pencahayaan dan siklus udara dalam kelas juga harus diperhatikan.


Hal yang perlu diingat oleh guru bahwa insan mendapatkan stimulus baik dari luar maupun dalam tubuhnya. Bagian badan yang mendapatkan stimulus tersebut disebut reseptor. Terdapat 5 jenis indera badan manusia, yaitu penglihatan, pendengaran, sentuhan, rasa, dan bau. Reseptor indera pendengaran (audio) mendapatkan 15- 19% informasi dari seluruh informasi yang diterima dan sebagian besar, yaitu 80% informasi, diterima insan melalui penglihatan (visual).

Selain itu yang perlu diperhatikan pula yaitu atensi atau perhatian bersahabat kaitannya dengan fungsi otak. Bagian otak yang memproses atensi terletak pada anterior di dalam frontal lobe yang aktif pada proses atensi terkendali dan pada posterior di dalam parietal lobe. Atensi juga melibatkan acara saraf pada korteks penginderaan, terutama visual dan motorik.

Jadi, melalui pemberian rangsangan dan penyesuaian pada siswa, kemampuan atensi atau perhatian siswa sanggup ditingkatkan, dalam hal ini guru harus berperan aktif untuk melaksanakan tindakan konseling secara sedikit demi sedikit tetapi tetap memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi perhatian siswa.

Belum ada Komentar untuk "√ Cara Menjaga Dan Meningkatkan Perhatian Siswa Terhadap Proses Pembelajaran Di Kelas Serta Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel